Senin, 08 Desember 2008

BAGAIMANA MIKROBA BEKERJA ?


PENGOLAHAN secara biologis artinya ya.. sistem “pembersihan” air buangannya dilakukan atas “kerja” mikroorganisme. Mikroorganisme seperti bakteri akan “hidup”, makan dan juga beranak-pinak di air limbah sembari “membersihkan kotoran”. Begitulah kira-kira.
Dalam “pakem” per-airlimbah-an, mikroba (singkatan keren buat si mikroorganisme) itu perlu tempat untuk “hidup” dong. Nah terdapat dua tempat yang bisa kita persiapkan yaitu :
1. Sistem Melayang (suspended biomassa), dimana sang mikroba dibiarkan melayang-layang sembari melangsungkan kehidupannya. Contoh mudahnya adalah Septic tank.
2. Sistem Melekat (attach biomass), dalam sistem ini sang mikroba dipersilakan duduk manis pada tempat yang cozy sembari berkembang biak. Contohnya adalah beberapa jenis sitem pengolahan yang menggunakan media Filter.
Peluang perkembangan dunia pengolahan air buangan ada pada bagian ini, artinya hingga kini orang berlomba-lomba membuat “rumah” bagi mikroba ini agar dapat “bekerja” se-efektif dan se-efisien mungkin
SAMPAI DISINI ADA PERTANYAAN ?***

Tidak ada komentar:

You Tube....