Selasa, 21 Oktober 2008

Dampak Polusi Asia Di Amerika





Kalangan ilmuwan mengkhawatirkan polusi di Asia dapat merusak pola cuaca di sepanjang Pasifik Utara, memperparah pemanasan global, dan mengurangi curah hujan di Amerika Barat.
Menurut laporan yang dipublikasikan di Journal of Geophysical Research, lebih dari 10 miliar pons polutan di udara yang berasal dari Asia, mencapai wilayah Amerika Serikat tiap tahunnya dan diperkirakan bakal memburuk.
Para pejabat China telah mengeluarkan peringatan polusi di negerinya dapat meningkat menjadi empat kali lipat dalam 15 tahun ke depan.
Di tengah belum pastinya siapa yang paling bertanggung jawab, beberapa pihak mengatakan bahwa polusi 'buatan' Asia dapat mengganggu pola cuaca di sepanjang Pasifik Utara, memperparah pemanasan global, dan mengurangi curah hujan di daerah Amerika Barat.


"Polusi aerosol dari Asia Timur berefek besar bagi belahan dunia ini karena adanya transportasi jarak jauh," sebut laporan tersebut.
Laporan itu mengatakan zat polutif menyebar ke troposfer teratas (lapisan paling bawah dari atmosfer) melalui Asia dan terbawa angin menuju Amerika dalam hitungan satu pekan atau kurang menanggapi problem ini, National Academies of Science di bawah perintah Enviromental Protection Agency, NASA, National Oceanic and Atmospheric Administration, dan The National Academies of Science, telah membentuk sebuah panel untuk meneliti masalah ini beserta efeknya. Laporan panel ini akan dilaporkan musim panas mendatang.
Konsentrasi yang paling utama dalam polusi udara ini adalah merkuri, salah satu zat polutif berbahaya yang berasal dari beratus-ratus pembakaran batu bara untuk pembangkit listrik di China dan di berbagai daerah Asia lainnya. Sebuah studi memperkirakan merkuri tersebut sudah mengontaminasi Sungai Willamette di Oregon dengan China sebagai pemasok utamanya.

Studi lain yang dilakukan oleh National Academies of Science melaporkan 30 persen merkuri tersebut terendap di belahan bumi Amerika yang berasal dari pembuangan pesawat udara, dengan konsentrasi merkuri tertinggi berada di Alaska dan di negara bagian sebelah barat lainnya.

Bagi Amerika, polusi dari Asia ini membuat mereka harus memperketat standar kualitas udara.

Tidak ada komentar:

You Tube....